25 Kata-Kata Promosi Makanan dan Cara Membuatnya

Tips & Trick

Rabu, 24 Mei 2023

25 Kata-Kata Promosi Makanan dan Cara Membuatnya

Bisnis kuliner, meskipun sudah menjamur, saat ini masih menjadi bidang bisnis yang diandalkan banyak pebisnis. Bagaimana tidak, makanan dan minuman merupakan dua kebutuhan pokok yang setiap hari dibutuhkan. Belum lagi banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu untuk menyediakan makanannya sendiri.

Banyaknya kompetitor tentu membuat kegiatan bisnis jadi lebih menantang. Berbagai strategi dan promosi digencarkan untuk menarik perhatian pelanggan. Salah satunya dengan menyiapkan kata-kata promosi makanan. 

Tips Membuat Kata-Kata Promosi Makanan

Bukan sembarang kata, rangkaian kata-kata promosi makanan ternyata bisa jadi ‘senjata’ untuk menarik minat banyak pelanggan. Terutama jika Anda mempromosikan bisnis lewat media online, kata-kata jualan online makanan menjadi hal yang harus dipersiapkan dengan matang.

Kenapa harus benar-benar dipersiapkan? Pemilihan kata-kata promosi makanan yang kreatif dan unik lebih menarik perhatian calon pembeli. Semakin unik kata-kata yang digunakan, maka calon pelanggan akan makin mudah mengingat produk yang Anda jual.

Lalu, bagaimana tips membuat kata-kata promosi makanan yang kreatif dan menarik? 

1. Ceritakan keunggulan produk pada kata-kata promosi makanan

Sebagai kalimat yang akan digunakan untuk tarik perhatian pelanggan, Anda dapat menceritakan apa saja keunggulan produk pada kata-kata promosi makanan. Keunggulan ini bisa diambil dari unique selling point atau USP yang dimiliki oleh produk.

Apa USP itu? Dalam ilmu pemasaran, USP adalah segala keunikan yang dimiliki oleh sebuah produk agar bisa menjadi lebih menonjol dari produk-produk kompetitor. USP ini sendiri adalah faktor penting yang harus dapat Anda temukan agar mempermudah dalam memasarkan produk.

Berikut ini adalah beberapa contoh kata-kata promosi makanan yang memuat keunggulan produk atau USP.

  1. Satu-satunya sambal botolan tanpa bahan pengawet tapi bisa tahan lama! Dijamin bisa bayar rasa kangen sama masakan rumah!
  2. Fresh From The Oven! Nikmati cookies premium kami yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas pilihan untuk manjakan lidahmu dengan sensasi rasa yang tak terlupakan.
  3. Pertama di Jakarta! Nikmati berbagai hidangan menggugah selera khas Meksiko yang dijamin halal dan enak!
  4. Pertama di Surabaya! Di mana lagi bisa makan ramen sambil nonton chefnya atraksi di open kitchen?
  5. Tanpa repot cuci alat makan! Kami antarkan varian menu catering setiap harinya dalam rantang yang bisa Anda kembalikan besoknya!

2. Pilih kata-kata promosi makanan yang menawarkan solusi

Anda tentunya berharap makanan yang dijual dapat memberikan solusi bagi pelanggan yang menikmati. Pemilihan kata-kata promosi makanan ini juga harus bisa menunjukkan solusi yang ingin Anda berikan ke pelanggan.

Terlebih lagi jika makanan yang Anda jual bisa memberikan khasiat tertentu untuk kesehatan. Kata-kata promosi jualan makanan yang digunakan harus dapat menonjolkan kelebihan-kelebihan tersebut.

Berikut ini beberapa contoh kata-kata promosi makanan yang memuat solusi dan bisa Anda ikuti.

  1. Ingin turun berat badan tapi tetap mau makan enak? Langganan katering di kami aja!
  2. Siapa bilang ngemil bisa ngerusak kondisi kulit? Snack dari kami bisa Anda nikmatin tanpa takut bikin kulit kusam maupun jerawatan!
  3. Walaupun kadar gulanya rendah, kue dari kami dijamin tetap enak! Jadi, aman banget untuk dikonsumsi sehari-hari!
  4. Roti gandum kami terbuat dari gandum pilihan, sehingga cocok banget untuk ganjal lapar dan dukung program diet kamu!
  5. Lapar tengah malem? Jangan khawatir! Nasi goreng kami menyediakan layanan pesan antar 24 jam!

3. Sebutkan kalimat penawaran pada kata-kata promosi makanan 

Jumlah kompetitor yang meningkat selama bulan puasa tidak jarang menjadikan para pebisnis jadi berlomba-lomba membuat promosi. Potongan harga, bonus gratis, voucher dan promo lainnya jadi jalan keluar yang bisa Anda coba untuk tarik perhatian calon pelanggan.

Kata-kata promosi makanan yang Anda gunakan juga harus memuat informasi penawaran khusus ini. Kata-kata yang digunakan pun harus jelas dan tidak ambigu, agar tidak membuat pelanggan kebingungan.

Bagaimana contoh kata-kata promosi makanan yang unik dan mencantumkan informasi promo? Simak contoh-contoh berikut.

  1. Khusus 20 pembeli pertama, harga satu porsi Nasi Goreng Spesial jadi Rp15.000 aja! Buruan beli sebelum kehabisan!
  2. Promo Spesial Ramadhan! Dapatkan gratis takjil spesial setiap pembelian 1 Paket Berbuka! Promo berlaku kelipatan!
  3. Kenyang Sekarang, Bayarnya Nanti! Dapatkan Diskon 50% untuk pemesanan Paket Ayam Bakar! Berlaku untuk pembayaran menggunakan kartu kredit dan paylater.
  4. Spesial HUT RI! Dapatkan gratis kopi susu gula aren untuk yang lahir di tanggal 17 Agustus!
  5. Berdua lebih asyik! Dapatkan voucher makan senilai Rp200.000 untuk kamu yang makan berduaan bareng temen, pacar, atau keluarga! 

4. Menyisipkan diksi atensi saat menyusun kata-kata promosi makanan

Apakah Anda tahu mengenai diksi atensi? Diksi atensi adalah ragam pilihan kata yang tujuannya memang benar-benar untuk menarik perhatian orang yang mendengar, melihat atau membacanya. Dalam bahasa Indonesia sendiri, ada beberapa diksi atensi yang bisa Anda gunakan seperti awas, hati-hati, waspada, perhatian dan lain-lain.

Lalu, seperti apa sih contoh kata-kata promosi makanan yang menyisipkan diksi atensi? Berikut ini contohnya.

  1. Perhatian! Dicari masyarakat yang memegang uang 15 ribu untuk ditukarkan dengan satu porsi nasi goreng!
  2. Awas, mengkonsumsi permen dan manisan ini bisa membuat Anda senyum manis 5 watt sepanjang hari!
  3. Peringatan! Es buah ini bisa membatalkan puasamu di jam buka puasa!
  4. Waspada! Mengkonsumsi seblak ini bisa bikin Anda ketagihan! Efek ketagihan sampai 3 porsi bukan tanggung jawab kami.
  5. Hati-hati, makan bakso kami bisa tumpah kalau Anda makan sambil kayang!

5. Memasukkan candaan pada kata-kata promosi makanan

Kalimat yang humor dan bernada candaan kerap dianggap lebih menarik daripada kalimat yang kaku. Anda dapat menyisipkan humor pada kata-kata promosi makanan jika diinginkan. Hal penting yang harus dicatat agar tidak menimbulkan masalah ke depannya, gunakan kalimat humor yang tidak ofensif atau menyinggung pihak tertentu.

Berikut ini adalah beberapa contoh kata-kata promosi makanan yang memuat kalimat humor atau candaan.

  1. Nikmatin segernya dan lembutnya es srikaya ini! Gak jamin bisa bikin kamu kaya!
  2. Budayakan mager masak, dan langganan menu ketring sahur dari kami!
  3. Tim bubur diaduk atau ga diaduk? Terserah yang mana aja, asalkan beli buburnya di sini ya!
  4. Makan bakso di sini hari ini gratis, besok bayar (bacanya tiap hari)
  5. Warung Makan. Tidak menyediakan tambal ban, ganti oli, dan isi angin.

Baca Juga : Frozen Food, Ide Jualan Bulan Puasa dengan Cuan Menggiurkan

Itu dia tips-tips membuat kata-kata promosi makanan dilengkapi dengan 25 contoh kalimat promosi makanan yang bisa Anda tiru. Anda dapat berkreasi saat memilih kata untuk dapat membuat kalimat yang unik dan dapat menarik pelanggan untuk membeli produk makanan Anda. Gaya bahasa dan komunikasi pada kalimat promosi juga dapat Anda sesuaikan dengan persona target market Anda.

Selain promosi makanan dengan kata-kata yang unik, Anda juga dapat memanfaatkan internet sebagai cara promosi makanan. Promosi makanan secara online dapat Anda lakukan dengan membuat konten media sosial, memasang iklan berbayar, membuat video review di YouTube, dan aktivitas digital marketing lainnya.

Untuk mempermudah aktivitas digital, Anda dapat berlangganan paket internet dari HSI B2B. Jaringan HSI B2B kini telah hadir di seluruh wilayah Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaan jaringan di lokasi Anda.

Selain itu, HSI B2B juga hadir dengan teknologi kabel fiber-optic sehingga memungkinkan Anda untuk dapat menikmati akses jaringan internet cepat tanpa batas FUP dan stabil menggunakan rasio kecepatan 1:1 dengan harga yang terjangkau. 

Tertarik untuk mulai berlangganan HSI B2B dan ciptakan ragam peluang bersama myindibiz? Cek website atau aplikasi myindibiz sekarang juga!

Tagar:

Tips Trikbisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya