5 Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Tips & Trick

Kamis, 27 Jul 2023

5 Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pelanggan merupakan bahan bakar utama dalam bisnis sehingga setiap pelaku usaha harus menyadari pentingnya kepuasan pelanggan. Membangun kepuasan pelanggan tidak dibangun dalam sehari. Membutuhkan perencanaan yang mendalam dan proses yang panjang untuk mendapatkannya. 

Kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang menentukan seberapa baik produk dan layanan yang dimiliki oleh suatu bisnis dalam memenuhi harapan dan keinginan pelanggan. Ini merupakan salah satu indikator penting yang menentukan loyalitas pelanggan sehingga Anda sebagai pelaku bisnis dapat memprediksi pertumbuhan dari bisnis. 

Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan 

Kepuasan pelanggan tidak hanya bergantung pada sebaik apa produk dan layanan yang ditawarkan melainkan dipengaruhi oleh beberapa faktor lain seperti:

1. Pelayanan

Selain kualitas produk, pelayanan juga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Walau produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus tetapi jika pelayanan yang diterima oleh pelanggan kurang baik tentu akan menyebabkan berkurangnya kepuasan pelanggan. 

2. Kemudahan dan Kenyamanan

Faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kemudahan dan kenyamanan terutama saat mencari dan bertransaksi. Saat mencoba produk baru, pelanggan biasanya akan bertanya apakah mudah menemukan barang tersebut, bagaimana dengan pembayaran, ada berapa banyak metode pembayaran yang tersedia serta beberapa pertanyaan lainnya. Bisnis yang dapat memberikan kemudahan atas semua pertanyaan itulah yang akan menjadi pilihan dan membuat pelanggan senang. 

3. Harga yang Terjangkau dan Bersaing

Ini juga merupakan faktor penting lainnya. Tidak sedikit bisnis yang kehilangan pelanggan karena tidak mampu memberikan harga yang dapat bersaing. Ketika menentukan harga, jangan hanya mempertimbangkan biaya dan keuntungan tetapi pikirkan juga kompetitor karena tidak ada usaha yang tidak memiliki saingan. 

Masih ada banyak faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan tetapi ketiga faktor di atas merupakan faktor terpenting setelah kualitas produk. 

Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

1. Meningkatkan Kualitas Produk

Tentu strategi yang paling utama dalam meningkatkan kualitas pelanggan adalah dengan meningkatkan kualitas produk. Walau begitu, keputusan meningkatkan kualitas produk bukan keputusan yang mudah. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangankan. Untuk menyiasati hal ini, pelaku usaha dapat menambahkan fitur atau keuntungan lain dari produk yang sudah ada. Penambangan fitur ini akan sama efektifnya dengan meningkatkan kualitas produk jika dilakukan secara benar. Pastikan fitur atau manfaat yang ditambahkan tidak sekedar gimmick tetapi benar-benar sesuatu yang berguna dan menjadi pembeda dibandingkan produk lain yang sejenis. 

2. Tidak Memberikan Informasi yang Ambigu

Sering kali dalam mengiklankan suatu produk, pelaku usaha memberikan informasi yang bias dan membuat pelanggan salah paham atau salah mengartikan. Teknik promosi jenis ini cukup efektif tetapi sesungguhnya lebih banyak efek negatifnya bagi bisnis. Sekarang, di saat internet sudah berkembang pesat dan semua orang dapat mengaksesnya, mencari informasi mengenai suatu produk bukan hal yang sulit. Tentu akan mengecewakan pelanggan jika mereka mendapatkan fakta yang berbeda dari informasi yang Anda berikan di iklan. 

3. Personalisasi Layanan dan Produk

Kepuasan pelanggan akan meningkat drastis jika mendapatkan produk dan layanan yang sudah dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan mereka. Bukan berarti Anda harus menyediakan produk baru untuk menyesuaikan kebutuhan mereka tetapi Anda menawarkan produk-produk yang sudah dikurasi dan disesuaikan dengan kebutuhan mereka sesuai dengan insight yang Anda miliki. 

4. Dengarkan Suara Pelanggan

Sebagai pelaku usaha, Anda harus memperlakukan pelanggan layaknya teman. Ini penting agar pelanggan tidak sungkan untuk memberikan umpan balik atau feedback terkait produk dan layanan Anda. Umpan balik dari pelanggan ini dapat digunakan untuk meningkatkan produk Anda. Baik dari segi kualitas maupun ide untuk produk baru Anda. 

5. Bangun Komunitas Pelanggan 

Membangun komunitas akan membuat pelanggan merasa diberi tempat untuk berbagi tentang produk yang mereka gunakan. Di sini mereka dapat saling berbagi pengalaman dan memberikan umpan balik. Tidak hanya itu, dengan bergabung dalam komunitas mereka akan merasa istimewa sehingga dapat menaikkan loyalitas mereka terhadap produk Anda.

Agar strategi meningkatkan kepuasan pelanggan berhasil mendapatkan hasil yang optimal, pelaku usaha harus memastikan sudah menggunakan layanan internet yang sesuai dengan kebutuhan usaha. Salah satu solusinya dengan menggunakan layanan internet dari myindibiz yang memiliki berbagai fitur seperti: didesain khusus untuk kebutuhan UKM, jaringan tersedia di seluruh Indonesia dan stabil dengan rasio kecepatan 1:1, koneksi internet cepat tanpa batas FUP, dan layanan pelanggan 24/7 yang siap membantu Anda kapan saja. Saatnya mentransformasikan bisnis Anda dengan platform terbaik dari Telkom Indonesia, myindibiz.

Tagar:

bisnis trends

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya