Gandeng Ratusan Reseller, Ini Kunci Keberhasilan Sambal Bu Rudy

Trends

Kamis, 6 Apr 2023

Gandeng Ratusan Reseller, Ini Kunci Keberhasilan Sambal Bu Rudy

Sebagai masyarakat Indonesia, Anda tentu tidak asing dengan kudapan sambal yang senantiasa menemani makanan di setiap hari. Rasanya seperti ada yang kurang ketika sedang makan namun tidak ada sambal. Benar, bukan?

Melihat fenomena ini, banyak pebisnis yang mengambil kesempatan untuk membangun bisnis kuliner yang bergerak di bidang produksi sambal. Sambal Bu Rudy yang dimiliki oleh perempuan asal Madiun bernama Lany Siswady merupakan salah satunya. 

Bermula dari sebuah warung mobil yang hanya menyajikan nasi campur dan nasi pecel khas Madiun, Bu Rudy mencoba mengolah udang yang biasanya digunakan sebagai umpan memancing oleh suaminya menjadi sambal. 

Keberhasilan bisnis Sambal Bu Rudy mulai terlihat saat awal pengembangannya, di mana produk olahan sambal ini disukai oleh beberapa pelanggan pertama yang mencoba produk secara langsung. 

Dari bisnis yang dimulai secara sederhana ini, Sambal Bu Rudy saat ini sudah berhasil memiliki 6 cabang di Surabaya serta ditambah kanal online untuk meningkatkan omset dan keuntungan yang diperoleh.

Apa sebenarnya yang menjadi rahasia sukses keberhasilan Sambal Bu Rudy dalam mengekspansi bisnisnya?

Ini Rahasia Sukses Sambal Bu Rudy, Anda Wajib Tahu

Selalu ada tips sukses yang dapat dipelajari dari setiap kisah inspiratif pengusaha sukses, begitu pula dengan perjalanan Sambal Bu Rudy. Terdapat tiga hal yang dapat Anda pelajari dari Bu Rudy. Berikut ini penjelasan detailnya.

1. Memperluas jaringan distribusi lewat reseller

Untuk memperluas jaringan penjualan, Sambal Bu Rudy memanfaatkan sistem reseller alias penjual perantara. Saat ini, Sambal Bu Rudy sudah memiliki sebanyak 300 reseller resmi. Reseller Sambal Bu Rudy pun tersebut tidak hanya ada di Surabaya aja. Melainkan tersebar juga di Jawa Timur, Yogyakarta, Jakarta, dan daerah lainnya.

Bu Rudy pernah mengatakan, setiap minggu sebanyak 500 hingga 1.000 botol Sambal Bu Rudy dikirim ke Jakarta. Diperlukan waktu sekitar 5 hari untuk seluruh sambal yang telah dikirimkan bisa terjual habis. Menarik sekali, kan?

2. Tetap konsisten menjalankan bisnis warung makan

Meski sudah sukses dengan sambalnya, Bu Rudy tetap menjalankan bisnis warung makannya. Seperti diketahui, Bu Rudy enggan menyebutnya dengan nama restoran. Dia lebih suka tempat makannya disebut kedai, depot, atau warung makan. Depot Bu Rudy ini masih menjadi tempat kuliner favorit banyak masyarakat Surabaya.

Hal ini dapat Anda terapkan dalam bisnis juga. Sebaiknya Anda tidak terburu-buru untuk memberhentikan usaha yang lebih dulu berjalan karena bisa dimanfaatkan menjadi cabang bisnis tambahan. Adanya bisnis tambahan tentu bisa menambahkan penghasilan dan keuntungan.

3. Mempertahankan kepuasan pelanggan

Bu Rudy sangat konsisten dalam urusan memberikan sambal yang segar kepada pelanggan. Bahkan, Sambal Bu Rudy merupakan sambal yang diolah tanpa bahan pengawet berbahaya. Ketika seal-nya dibuka, maka sambal itu hanya bisa bertahan 10 hari dalam suhu normal. 

Bu Rudy juga kerap menginstruksikan kepada seluruh reseller untuk dapat menjaga produk sambalnya dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan pada sambal ketika sampai di tangan konsumen.

Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan untuk menjaga kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas, maka hal ini bisa menjadi tolak ukur kesuksesan dari bisnis yang Anda jalani. Oleh karena, itu selain kualitas produk yang perlu diperhatikan, kepuasaan pelanggan juga harus dijaga dan dipertahankan.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Marketing Bisnis

Selain tiga tips di atas, ada satu rahasia dari kesuksesan Sambal Bu Rudy yang harus Anda ketahui yaitu memanfaatkan media sosial dengan bijak. Jika digunakan dengan bijak, media sosial dapat menjadi sarana promosi yang murah dan efektif. 

Agar promosi di media sosial bisa berjalan lancar, tentunya Anda butuh koneksi internet yang stabil dengan harga yang tidak memberatkan biaya operasional bisnis. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat berlangganan layanan internet stabil dari HSI B2B yang kini telah tersedia di myindibiz.

Dengan koneksi internet cepat dan stabil berasio 1:1, Anda dapat menikmati akses internet tanpa batas pemakaian untuk mendukung operasional dan digitalisasi bisnis Anda. Ketersediaan layanan pelanggan 24/7 juga akan memudahkan Anda ketika memiliki pertanyaan seputar layanan maupun ingin melaporkan gangguan yang sedang terjadi.

Tertarik untuk berlangganan HSI B2B? Klik tombol di bawah untuk mulai berlangganan HSI B2B dan mulai Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan!

Tagar:

sambal bu rudysuccess storybisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya