Jenis Iklan Online di Berbagai Marketplace yang Wajib Diketahui

Trends

Senin, 18 Sep 2023

Jenis Iklan Online di Berbagai Marketplace yang Wajib Diketahui

Kehadiran platform marketplace yang kini menjadi pilihan dan solusi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mendatangkan banyak manfaat dan kemudahan bagi masyarakat. Termasuk bagi para pebisnis dan pemilik usaha dengan berbagai kelas, khususnya bagi usaha kelas UKM (Usaha Kecil Menengah).

Tidak hanya memberi wadah para pemilik usaha mengembangkan bisnisnya, marketplace juga menawarkan berbagai fitur dan layanan seperti iklan online untuk membantu usaha tersebut bisa cepat berkembang, sehingga dapat mendatangkan keuntungan lebih besar.

Pada praktik penggunaannya, beberapa marketplace platform di Indonesia memiliki sistem iklan online masing-masing. Penggunaan iklan online ini dapat Anda pilih sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Namun sebelum mengenali apa saja jenis-jenis iklan online yang tersedia di masing-masing marketplace, mari kenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan iklan online beserta keuntungannya bagi bisnis.

Apa yang Dimaksud dengan Iklan Online?

Dilansir dari Technopedia, iklan online adalah sebuah strategi pemasaran yang menggunakan peranan internet sebagai media untuk mencapai target pemasaran yang dimiliki oleh suatu perusahaab atau bisnis. Strategi ini dibuat dengan menyusun serangkaian pesan yang akan disampaikan kepada calon pelanggan yang tepat dengan menggunakan teknologi internet. 

Selain dengan nama iklan online, jenis pemasaran ini juga kerap disebut sebagai iklan digital. Hal ini dikarenakan adanya peranan teknologi digital yang digunakan untuk menghasilkan dan mendistribusikan iklan.

Penggunaan iklan online ini tidak hanya sebatas pendistribusian konten promosi melalui perangkat internet seperti laptop. Berbagai jenis iklan online ini dapat disebarkan melalui berbagai paltform di internet, seperti hasil pencarian search engine, di media sosial, melalui email, iklan di platform musik dan video, hingga iklan di marketplace.

Keuntungan Menggunakan Iklan Online bagi Bisnis

Tentunya diperlukan banyak pertimbangan ketika akan melakukan sesuatu, terlebih lagi apabila hal tersebut berkaitan dengan bisnis. Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh iklan online tentu dapat menjadi pertimbangan untuk Anda mulai mempromosikan bisnis Anda melalui kanal online.

Berikut ini beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh iklan online untuk bisnis Anda.

  1. Memperluas Jangkauan Bisnis Anda

Dengan membangun iklan online yang efektif, Anda dapat memperluas jangkauan penjualan produk atau jasa Anda ke pasar yang lebih luas. Bahkan, dengan iklan online ini Anda juga dapat menembus pasar global yang mungkin lebih sulit untuk dijangkau dengan iklan tradisional.

Hal ini tentunya dapat diwujudkan dengan adanya keterlibatan internet yang kini menjadikan seluruh lokasi di dunia dalam satu jaringan yang sama. Dengan internet, Anda memiliki kesempatan untuk memasarkan bisnis Anda sampai ke belahan bumi yang berbeda.

  1. Menargetkan Audiens secara Spesifik

Berbeda dengan iklan tradisional yang sifatnya massal dan dikirim kepada audiens yang luas, iklan online memungkinkan Anda untuk memberikan informasi promosi kepada kelompok audiens yang lebih mengerucut.

Kelompok audiens ini dapat Anda sesuaikan dengan tujuan yang ingin Anda raih.  Misal, Anda ingin beriklan kepada calon pelanggan yang pernah mengunjungi website Anda, beriklan kepada hanya calon pelanggan perempuan saja, beriklan kepada pemilik bisnis lain, dan kelompok-kelompok audiens lainnya.

  1. Biaya Iklan yang Lebih Efisien

Sudah menjadi rahasia umum kalau iklan tradisional membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan iklan online. Memasang iklan OOH atau papan reklame di jalanan kota seperti Jakarta saja saat ini sudah menyentuh angka puluhan juta. Belum lagi jika memasang iklan di televisi.

Kelebihan dari iklan online dari segi budget, Anda dapat memilih sendiri berapa biaya iklan yang ingin Anda keluarkan. Biaya yang Anda keluarkan untuk budget iklan online akan memberikan pengaruh pada result yang akan Anda peroleh.

  1. Memiliki Hasil yang Terukur

Menggunakan sarana iklan online biasanya dilengkapi dengan fitur analitik iklan. Melalui fitur ini, Anda dapat melihat sendiri bagaimana performansi iklan yang Anda jalankan.

Informasi yang tercatat pada analitik iklan bisa berbagai macam, seperti jumlah klik yang diperoleh, jumlah impression yang dikumpulkan, dan informasi-informasi lainnya. Data ini dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi untuk aktivitas pemasaran di masa yang mendatang.

Jenis-Jenis Iklan Online di Platform Marketplace

Untuk menggunakan iklan online, Anda dapat memanfaatkan berbagai platform yang tersedia di internet. Contohnya seperti menggunakan iklan online di mesin pencari, di media sosial, hingga di platform jual beli online atau di marketplace.

Di Indonesia sendiri, ada banyak situs marketplace yang kerap digunakan oleh masyarakat. Namun, tidak semua marketpalce menyediakan fitur iklan online yang dapat digunakan oleh pebisnis.

Untuk itu, myindibiz mengumpulkan beberapa informasi mengenai iklan online di platform marketplace. Berikut ini penjelasannya.

Shopee 

Marketplace yang terkenal dengan sebutan ‘toko oren’ menawarkan lima jenis iklan online yaitu pencarian produk, produk serupa, pencarian toko, produk otomatis, dan halaman strategis.

Iklan pencarian produk akan menampilkan produk tertentu sebagai produk unggul dalam pencarian. Begitu juga dengan iklan produk serupa yang akan memunculkan produk dengan kategori sama dan berkaitan.

Tokopedia 

Iklan online yang ditawarkan berupa tiga macam yaitu iklan produk, iklan toko, dan iklan display network. Sesuai namanya, iklan produk akan memunculkan produk secara otomatis atau manual. Sedangkan iklan toko merupakan iklan yang dimunculkan di bagian atas ketika konsumen melakukan pencarian dengan memunculkan toko terkait.

Lazada

Marketplace yang sedang naik ini menawarkan jenis iklan online menggunakan fitur CPM Bidding atau Cost Per Mille yang akan menarik biaya hanya sesuai jumlah penayangan iklan. Penjual bisa mengisi saldo iklan yang nantinya akan ditarik secara otomatis.

Baca Juga : Digital Ads, Teknik Digital Marketing untuk Lonjakan Pesanan

Bukan hanya bagi para UKM saja, semua jenis-jenis iklan online dari setiap marketplace bisa digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal oleh para pebisnis pemula yang baru akan terjun berjualan secara online.

Maka dari itu, sangat penting untuk Anda memahami apa yang dimaksud dengan iklan online, ditambah lagi dengan pemahaman jenis-jenis iklan online di marketplace yang dapat mempermudah Anda dalam proses peningkatakan penjualan melalui kanal digital.

Selain pemahaman akan apa yang dimaksud dengan iklan online, tentunya Anda juga memerlukan konektivitas internet yang stabil agar aktivitas online dapat berjalan denagn lancar. Belum menemukan layanan konektivitas terbaik? Tidak perlu risau karena kini myindibiz telah menghadirkan HSI B2B!

Apa itu HSI B2B? HSI B2B adalah produk unggulan berupa koneksi internet cepat dan stabil dari Telkom untuk membantu UKM untuk menghadapi era industri 4.0. Dengan koneksi stabil di segala kondisi cuaca serta rasio kecepatan hingga 1:1, nikmati mudahnya aktivitas online bisnis Anda dengan mudah bersama HSI B2B.

Tertarik untuk mulai aktivitas digital dan iklan online bisnis Anda bersama HSI B2B? Silakan klik tombol di bawah untuk mulai berlangganan!

Tagar:

iklanTren

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya