Manfaatkan WhatsApp Bisnis dan Raih Keberhasilan Pemasaran Bisnis

Tips & Trick

Rabu, 19 Jul 2023

Manfaatkan WhatsApp Bisnis dan Raih Keberhasilan Pemasaran Bisnis

Seiring dengan pertumbuhan pengguna WhatsApp yang terus meningkat, aplikasi pesan singkat ini jadi semakin dilirik oleh para pebisnis. Bagaimana tidak, hampir semua orang di seantero Indonesia bahkan dunia memiliki akun WhatsApp. 

Bayangkan saja, berapa banyak potensi keuntungan yang bisa dihasilkan dengan melakukan upaya pemasaran lewat WhatsApp Bisnis.

Dengan fitur yang tersedia di WhatsApp Bisnis, Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan untuk mendukung kegiatan bisnis, terutama untuk aktivitas marketing hingga menjalin hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. 

Mengapa Perlu Berpromosi di WhatsApp Bisnis?

Tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi, WhatsApp Bisnis memiliki beberapa kelebihan yang menjadi alasan mengapa aplikasi ini bisa membantu Anda dalam aktivitas bisnis.  Salah satunya yaitu WhatsApp Bisnis dapat dijadikan cara menawarkan produk lewat WA ke banyak orang sekaligus dalam satu pesan saja. 

Pesan yang disebarkan bisa berupa informasi promo produk terbaru, manfaat menggunakan produk yang Anda jual, bonus pembelian dengan jangka waktu terbatas, dan lain-lain.

Anda juga bisa menghubungkan perangkat WhatsApp Bisnis ini ke media sosial atau website, sehingga ketika ada pelanggan yang bertanya dan membutuhkan jawaban segera, Anda bisa langsung menjawabnya. 

Dengan cara ini, pelanggan tentu saja senang karena Anda memprioritaskan kebutuhan mereka terhadap informasi yang lengkap dan detail terkait produk. Pada akhirnya, kenyamanan dan pelayanan yang baik bisa membuat pelanggan menjadi loyal dan setia.

Cara Memanfaatkan WhatsApp Bisnis untuk Aktivitas Marketing Bisnis

Agar WhatsApp Bisnis bisa dimanfaatkan secara lebih optimal, berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui terkait cara menawarkan produk lewat WA atau WhatsApp.

1. Persiapkan Aplikasi WhatsApp Bisnis

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah mempersiapkan aplikasi WhatsApp Bisnis yang berbeda dengan aplikasi WhatsApp pribadi. Tujuannya adalah untuk memisahkan antara kepentingan personal dengan bisnis.

Anda juga bisa meng-upgradenya menjadi WhatsApp Business API untuk performa yang lebih efisien. Misalnya, blast WhatsApp yang memungkinkan bisnis untuk mengirimkan pesan promosi ke ribuan kontak dalam waktu bersamaan hingga fitur Chatbot yang akan otomatis menjawab setiap pesan masuk.

2. Buat Katalog Produk

Salah satu fitur pada WhatsApp Bisnis adalah dapat membuat katalog. Katalog akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk apa saja yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Gunakan Chatbot untuk membagikan katalog kepada pelanggan Anda. 

Dengan begitu, pelanggan dapat langsung memilih produk yang dibutuhkan. Cara menawarkan produk lewat WA ini, cukup efektif untuk meningkatkan penjualan karena kemudahannya.

3. Fokus pada Target Pasar Anda

Selanjutnya, tentukan target pasar yang ingin Anda sasar. Dimulai mengelompokan prospek atau pelanggan yang Anda miliki. Misalnya berdasarkan pelanggan usia milenial, usia paruh baya, pelanggan loyal yang akan berbelanja banyak, dan seterusnya.

Memanfaatkan informasi tersebut untuk menawarkan produk melalui Whatsapp Bisnis. Jangan lupa juga selalu lakukan evaluasi setiap 3 atau 6 bulan sekali, untuk tahu mana pelanggan yang masih aktif dan mana yang perlu hubungi kembali untuk ditindaklanjuti atau follow-up.

4. Maksimalkan Obrolan One on One dan Grup

Selain kolom obrolan biasa, WhatsApp Bisnis juga menyediakan obrolan grup yang terdiri dari banyak anggota. Maksimalkan kedua fitur tersebut untuk melakukan pemasaran. Jika obrolan grup kurang cukup, Anda bisa lakukan pendekatan secara personal melalui obrolan one on one.

Dengan begitu, Anda bisa menciptakan hubungan yang lebih khusus dengan para pelanggan dan secara tidak langsung bisa meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.

5. Gunakan Fitur Story untuk Promosi

WhatsApp Bisnis juga memiliki fitur story yang berfungsi serupa dengan Instagram. Fitur ini dapat Anda manfaatkan untuk memberikan informasi terkait promosi yang sedang  dijalankan kepada para pelanggan.

Hal tersebut dapat menarik perhatian mereka untuk berinteraksi lebih lanjut dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa membagikan testimoni dari pelanggan yang sudah mencoba produk Anda. Tujuannya untuk membangun kredibilitas terhadap bisnis Anda di mata pelanggan lainnya.

Baca Juga : Pahami Beragam Manfaat Internet untuk Keberlangsungan Bisnis

Itulah beberapa penjelasan mengenai WhatsApp Bisnis dan beberapa langkah cara promosi lewat WA yang bisa Anda coba. Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggunakan strategi tersebut? Jangan lupa untuk selalu mencari solusi bisnis yang tepat untuk Anda dengan bergabung bersama myindibiz.

Melalui myindibiz, Anda dapat memperoleh 4 dukungan utama yang tersedia untuk mendorong potensi bisnis Anda menjadi lebih optimal. Dukungan yang tersedia meliputi dukungan pemasaran, dukungan SDM, dukungan operasional, hingga dukungan finansial. 

Seluruh dukungan dari myindibiz tersebut dapat Anda peroleh melalui ragam solusi digital yang tersedia di myindibiz, meliputi layanan penyedia internet, kamera CCTV untuk toko dan lokasi usaha, voucher WiFi, pelatihan bisnis, hingga layanan peminjaman modal usaha. 

Segera daftar dan dapatkan akses myindibiz untuk peroleh ragam dukungan dan solusi untuk bisnis Anda!

Tagar:

Tips Trikbisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya