Bingung Cara Memilih Supplier yang Tepat? Simak Penjelasannya di Sini!

Tips & Trick

Senin, 13 Nov 2023

Bingung Cara Memilih Supplier yang Tepat? Simak Penjelasannya di Sini!

Ketika Anda mengelola bisnis, baik itu berbasis online maupun offline, tentu akan ada berbagai tantangan yang muncul. Contohnya, ketika Anda membutuhkan sejumlah besar bahan baku atau produk jadi, tetapi sayangnya, stok sedang habis sehingga Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. 

Hal ini menjadi bukti bahwa peran supplier sangat penting. Meskipun terlihat sepele, tetapi supplier yang tepat sangat berpengaruh terhadap aktivitas bisnis Anda. Bayangkan saja saat di tengah-tengah tingginya pesanan dari pelanggan, namun Anda kehabisan stok atau bahan baku. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Maka dari itu, memilih supplier yang tepat adalah satu rangkaian yang perlu dilakukan secara teliti. Artikel ini akan membahas mengenai apa itu supplier serta bagaimana cara memilih supplier yang tepat.

Apa Itu Supplier?

Supplier atau pemasok, kerap juga disebut sebagai vendor, merupakan suatu individu atau perusahaan yang menyediakan bahan bagi suatu usaha. Selain bahan baku, vendor ini biasanya juga menyediakan hal lain, seperti tenaga kerja atau jasa dalam memproduksi produk tertentu yang dapat mendorong keberhasilan suatu usaha.

Supplier merupakan salah satu faktor terpenting dalam profitabilitas dan kelangsungan bisnis bagi sebagian besar perusahaan. Beberapa perusahaan bahkan mengandalkan beberapa supplier untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Banyaknya kegiatan yang terjadi antara pemilik bisnis dengan supplier kadang dapat menimbulkan kesalahan dan konflik antar keduanya. Oleh karena itu, perusahaan harus cermat dalam memilih supplier dan mengembangkan kerjasama yang baik dengan mereka.

Cara Memilih Supplier yang Tepat

Supplier memiliki peran yang signifikan dalam kegiatan operasional dan perkembangan bisnis. Oleh karena itu, sudah sepatutnya Anda berhati-hati dan berusaha untuk tidak membuat kesalahan dalam memilih supplier

Anda harus mewaspadai potensi kerugian yang dapat disebabkan oleh supplier yang tidak dapat diandalkan. Untuk menghindari terjadinya error dalam operasional bisnis atau ketidakcocokan dengan pemasok, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan dalam memilih supplier yang baik.

1. Memerhatikan  Kualitas Stok dari Supplier

Selalu pertahankan standar kualitas yang tinggi. Apabila produk (dari supplier) mengalami penurunan kualitas, maka produk yang Anda hasilkan atau jual nantinya akan mengalami penurunan kualitas yang sama.

2. Menganalisis Reputasi (track record) Pemasok

Salah satu metode paling mudah dalam menilai reputasi dan kredibilitas supplier adalah melalui pengecekan riwayat kerja sama mereka dengan mitra sebelumnya. Sisihkan waktu sejenak untuk melakukan riset melalui berbagai sumber informasi yang tersedia, seperti media sosial, forum, komunitas, dan sumber lainnya. 

Pastikan bahwa supplier tersebut telah mempertahankan reputasi yang baik dan tidak pernah menghadapi masalah dengan pelanggan sebelumnya.

3. Tidak Mampang Tergiur dengan Harga yang Murah

Penting untuk menyadari bahwa kualitas bahan baku atau stok memiliki dampak signifikan pada kelangsungan bisnis Anda. Harga yang murah kemungkinan berarti bahwa bahan baku yang akan atau telah Anda dapatkan bisa memiliki kualitas yang kurang baik. 

Apabila produk yang Anda produksi atau jual memiliki kualitas yang kurang baik, hal ini secara otomatis akan berpengaruh terhadap kepercayaan dan kepuasan pelanggan yang pada gilirannya akan memengaruhi minat mereka untuk terus membeli produk dari bisnis Anda. 

Tidak ada salahnya membayar sedikit lebih mahal apabila hal tersebut menjamin kualitas produk yang Anda dapatkan.

4. Mencari Supplier yang Merupakan Produsen Langsung 

Usahakan untuk bekerja dengan supplier yang merupakan produsen pihak pertama atau produsen langsung. Hal Ini akan membantu meningkatkan keuntungan Anda secara signifikan apabila dibandingkan dengan bekerja sama dengan supplier yang berada di tingkat perantara, seperti supplier tangan kedua, ketiga, dan seterusnya. 

5. Perhatikan Konsistensi Supplier

Konsistensi supplier juga merupakan aspek krusial yang harus diperhatikan. Terkadang, terdapat pemasok yang mengalami masalah dalam hal pengiriman barang. Hal ini dapat menghambat kelancaran bisnis Anda. 

Pertimbangkan faktor-faktor yang berpotensi menjadi hambatan, seperti jarak pengiriman, waktu yang diperlukan, jam kerja, serta peralatan yang digunakan.

6. Meminta Produk Contoh atau Sampel

Apabila Anda merasa ragu mengenai kualitas yang dijanjikan oleh calon pemasok, mintalah terlebih dahulu sampel dari setiap bahan baku atau stok yang Anda perlukan. Meskipun sampel tersebut berkualitas baik, tetaplah waspada dan pastikan bahwa Anda memeriksa kualitas produk pada setiap pesanan. 

Luangkan waktu untuk memahami dengan detail aturan dan kebijakan garansi serta kebijakan pengembalian bahan baku. Penting untuk diketahui bahwa tidak semua pemasok biasanya bersedia menawarkan garansi atau pengembalian uang. 

Oleh karena itu, carilah supplier yang bersedia memberikan garansi apabila bahan baku atau stok yang Anda terima dalam keadaan rusak atau tidak memenuhi standar yang diharapkan.

Baca Juga: Pelajari Cara Membuat Invoice untuk Pembayaran Semakin Efisien!

Itu dia penjelasan mengenai apa itu supplier dan cara memilih supplier yang tepat. Cara-cara di atas dapat Anda jadikan sebagai panduan untuk memperoleh stok dan bahan baku yang berkualitas dari supplier yang terpercaya.

Setelah menentukan supplier, tentunya dibutuhkan juga koneksi internet yang mumpuni agar aktivitas komunikasi Anda dengan supplier menjadi lancar. Selain itu, koneksi internet yang baik juga dapat membantu Anda dalam melacak berbagai hal logistik terkait pesanan Anda dari supplier

Sebagai solusi untuk Anda, MyIndibiz menghadirkan layanan konektivitas bernama HSI B2B yang dilengkapi dengan berbagai fitur seperti rasio kecepatan 1:1, internet tanpa batas atau FUP, ketersediaan jaringan di seluruh wilayah Indonesia, dan masih banyak lagi.

Selain itu, HSI B2B juga dilengkapi dengan berbagai layanan ekstra lainnya, termasuk layanan telepon kabel. Ini akan memudahkan Anda dalam menjalin komunikasi via telepon dengan supplier Anda dengan lebih lancar!

Tertarik untuk mulai berkomunikasi dengan supplier dan meningkatkan efisiensi operasional bisnis Anda bersama HSI B2B? Klik tombol di bawah untuk mulai berlangganan!

Tagar:

Tips Trikbisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya