Cara Bangun Customer Relationship untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Tips & Trick

Minggu, 26 Nov 2023

Cara Bangun Customer Relationship untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Dalam era bisnis yang penuh persaingan, menjalin hubungan baik dengan pelanggan menjadi kunci utama keberhasilan. Customer relationship kini bukan hanya sekadar istilah, melainkan fondasi yang mendukung pertumbuhan bisnis dan memastikan loyalitas pelanggan.

Untuk itu, kemampuan untuk dapat membangun hubungan yang positif bersama dengan pelanggan adalah hal yang perlu dikuasai. Hubungan yang baik dengan pelanggan tentu akan berpengaruh pada tingkat kesetiaan atau loyalitas pelanggan terhadap bisnis yang Anda miliki.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu customer relationship, manfaatnya, dan strategi konkret untuk membangunnya, dengan fokus pada pemanfaatan loyalty points.

Apa Itu Customer Relationship?

Customer relationship adalah hubungan saling menguntungkan antara bisnis dan pelanggan. Lebih dari sekadar transaksi jual-beli, customer relationship mencakup cara bisnis berinteraksi, berkomunikasi, dan memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Dalam membangun customer relationship, Anda wajib melibatkan pemahaman mendalam terhadap preferensi pelanggan untuk memberikan pengalaman yang memuaskan dan membangun loyalitas jangka panjang. Hal ini akan bermanfaat untuk menciptakan ketahanan bisnis yang berjalan dalam jangka panjang.

Manfaat Customer Relationship

Bukan hanya sekadar membangun relasi dan berinteraksi dengan pelanggan, membangun customer relationship memiliki banyak manfaat yang dapat Anda peroleh. Berikut ini ragam manfaat membangun customer relationship pada bisnis Anda.

1. Loyalitas Pelanggan

Membangun hubungan dengan pelanggan secara efektif dapat menciptakan loyalitas yang kuat. Ketika pelanggan merasakan penghargaan dan perhatian, mereka lebih mungkin untuk tetap setia.

2. Peningkatan Retensi

Dengan menjaga hubungan yang baik, bisnis dapat meningkatkan tingkat retensi pelanggan. Pelanggan yang puas lebih mungkin untuk kembali dan melakukan pembelian ulang. Hal ini pula yang perlu Anda maintain dan pertahankan agar pelanggan menjadi setia dan bersedia untuk melakukan transaksi ulang dengan Anda di kemudian hari.

3. Reputasi yang Baik

Interaksi positif dengan pelanggan menciptakan reputasi yang baik. Ulasan positif dan rekomendasi dari pelanggan yang puas dapat meningkatkan citra bisnis. Dengan reputasi yang baik, Anda dapat menjangkau banyak pelanggan baru yang memerlukan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Feedback Konstruktif

Customer relationship yang baik membuka saluran komunikasi untuk mendapatkan feedback langsung dari pelanggan. Ini dapat digunakan untuk meningkatkan produk atau layanan sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan dan harapan yang dimiliki pelanggan.

Cara Membangun Customer Relationship

Setelah mengetahui apa itu customer relationship dan manfaatnya, langkah berikutnya adalah mengenali berbagai cara jitu untuk membangun customer relationship. Sebagai panduan Anda untuk menjadi pebisnis ulung, berikut beberapa cara membangun customer relationship!

1. Pahami Kebutuhan Pelanggan

Sebelum bisa membangun hubungan yang kuat, penting untuk memahami kebutuhan dan ekspektasi pelanggan. Lakukan riset pasar, pantau tren, dan terus evaluasi umpan balik pelanggan.

Aktivitas ini harus Anda lakukan secara berkala. Mengapa demikian? Karena kebutuhan pasar dan tren pelanggan adalah hal yang dinamis. Untuk itu, Anda wajib tetap dapat mengikuti perubahan yang dinamis tersebut sembari menyediakan ragam produk dan jasa yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda.

2. Bangun Komunikasi yang Aktif

Berkomunikasi secara teratur dengan pelanggan melalui berbagai saluran. Jika dulu membangun komunikasi adalah hal yang cukup sulit, namun saat ini berkomunikasi dengan pelanggan menjadi hal yang mudah berkat kehadiran teknologi.

Teknologi seperti Email, media sosial, dan aplikasi chat adalah cara efektif untuk tetap terhubung. Pastikan pesan yang Anda sampaikan tetap mencerminkan nilai dan tujuan bisnis, serta dapat menjadi solusi akan kebutuhan pelanggan Anda.

3. Personalisasi Layanan

Lakukan personalisasi dalam memberikan layanan. Personalisasi ini dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan memiliki hubungan yang lebih erat dengan produk atau jasa yang ia gunakan.

Untuk melakukan personalisasi layanan, Anda dapat menggunakan data pelanggan untuk menyajikan penawaran yang sesuai dengan preferensi masing-masing. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki penyimpanan data pelanggan yang lengkap serta terlindungi secara aman agar tetap menjaga privasi dari masing-masing pelanggan Anda.

4. Loyalty Points sebagai Insentif

Loyalty points adalah sebuah skema yang memberikan poin kepada pelanggan untuk setiap aksi yang dilakukan, seperti transaksi. Skema loyalty points ini juga merupakan salah satu skema yang banyak diterapkan di era digital, karena dapat memberikan banyak keuntungan bagi pelanggan.

Terapkan program loyalty points sebagai insentif bagi pelanggan setia. Memberikan poin setiap pembelian atau partisipasi dalam program tertentu akan mendorong pelanggan untuk tetap berbelanja.

Misalnya, sebuah toko pakaian memberikan poin setiap pembelian dan memberikan diskon atau merchandise gratis setelah pelanggan mencapai jumlah poin tertentu. Ini tidak hanya mendorong pembelian lebih lanjut, tetapi juga menciptakan perasaan apresiasi yang mendalam.

Baca juga: Memahami Perbedaan Branding, Marketing dan Selling dalam Bisnis

Itu dia penjelasan apa itu customer relationship, manfaatnya, serta bagaimana cara membangun customer relationship. Dengan menggabungkan strategi di atas, bisnis dapat membangun customer relationship yang kokoh, menciptakan lingkungan yang saling menguntungkan bagi pelanggan dan perusahaan. 

Agar hubungan dengan pelanggan dapat terjalin secara intens dan erat, tentunya Anda memerlukan keterlibatan teknologi di dalamnya. Aplikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai channel komunikasi juga tentunya dapat menjadi andalan dalam mempererat hubungan dengan pelanggan.

Untuk itulah layanan CRM hadir di MyIndibiz. Didukung dengan teknologi mutakhir dari OCA Indonesia, layanan CRM hadir dengan mengintegrasikan berbagai channel komunikasi bisnis seperti WhatsApp, Telegram, Email, Facebook, Instagram, Messenger, hingga Twitter.

Dapatkan segera layanan CRM untuk permudah Anda dalam membangun customer relationship serta memulai perjalanan Anda dalam Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan! Untuk informasi selengkapnya, silakan klik tombol di bawah.

Tagar:

Tips Trikbisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya