myindibiz

Cerita Sukses


DaftarMasuk

Manfaat dan Cara Menggunakan ChatGPT, Solusi Cerdas untuk Bisnis

Trends

Kamis, 13 Jul 2023

Manfaat dan Cara Menggunakan ChatGPT, Solusi Cerdas untuk Bisnis

Beberapa waktu belakangan ini, jagat media sosial Indonesia diramaikan dengan banyaknya kehadiran teknologi AI. Apa itu teknologi AI? Teknologi AI atau Artificial Intelligence singkatnya adalah teknologi yang dibuat sebagai teknologi komputer untuk memecahkan masalah yang didasari dengan kecerdasan manusia.

Salah satu contoh teknologi AI yang saat ini ramai diperbincangkan adalah ChatGPT. Teknologi AI yang satu ini resmi diluncurkan oleh OpenAI dan marak digunakan sejak perilisan versi stable-nya yaitu pada 23 Maret 2023. Sebagai salah satu teknologi AI, ChatGPT memberikan banyak kemudahan untuk aktivitas kita, termasuk untuk urusan bisnis.

Apa itu ChatGPT?

Saat menggunakan ChatGPT, Anda akan menemukan halaman yang menyerupai jendela obrolan bersama dengan sistem ChatGPT. Di halaman ini Anda dapat memanfaatkan teknologi ChatGPT dengan menggunakan beberapa kata kunci agar teknologi AI ini dapat memahami kebutuhan Anda.

Tidak hanya sebatas pada memahami kata kunci dan perintah yang Anda input, ChatGPT saat ini dapat mengoreksi secara otomatis jika terdapat kesalahan pada pertanyaan, menolak untuk menjawab jika ada pertanyaan yang kurang pantas, hingga dapat menyesuaikan gaya bahasa jawaban dengan yang Anda gunakan.

Lalu, bagaimana cara ChatGPT bekerja? ChatGPT bekerja dengan cara belajar dari banyak teks di internet. Teknologi AI canggih digunakan untuk membuat ChatGPT bisa mengerti arti dari kata dan menghasilkan teks yang sesuai dengan konteks yang Anda maksudkan. 

Maka dari itu, tidak heran kalau ChatGPT dapat dipakai untuk banyak keperluan, seperti membuat tulisan baru, terjemahkan bahasa, hingga menjawab pertanyaan sulit.

Manfaat dan Fungsi ChatGPT untuk Bisnis

Dari sisi bisnis, nyatanya ChatGPT memberikan manfaat dan fungsi yang dapat diandalkan dalam bisnis Anda. Berikut merupakan manfaat dan fungsi ChatGPT untuk bisnis:

1. Layanan Pelanggan

Sebagai salah satu teknologi AI populer saat ini, Anda dapat mengintegrasikan ChatGPT sebagai layanan pelanggan virtual untuk menjawab pertanyaan pelanggan atau membantu mengatasi masalah yang dimiliki pelanggan.

Untuk efisiensi, fungsi ChatGPT adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bersifat umum atau FAQs. Jika ada pertanyaan yang lebih detail dan spesifik dan tidak dapat dijawab oleh ChatGPT, pertanyaan tersebut diserahkan ke petugas customer service untuk ditangani secara langsung.

2. Membuat Konten

ChatGPT adalah teknologi AI yang dapat memberikan Anda jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan Anda. Bukan hanya jawaban pendek, namun juga jawaban-jawaban yang panjang dan runut. Maka dari itu, ChatGPT dapat Anda manfaatkan untuk membuat konten, seperti artikel blog untuk SEO, deskripsi produk, ulasan, dan lain-lain.

3. Analisis Sentimen

Teknologi ChatGPT memungkinkan Anda untuk menganalisis sentimen atau pendapat pelanggan mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan. Komentar-komentar ini dapat diperoleh melalui ulasan atau komentar yang telah diberikan oleh pelanggan.

4. Analisis Pasar dan Penyusunan Strategi

ChatGPT mampu menganalisis sesuatu yang mumpuni. Kemampuan ini dapat Anda manfaatkan untuk menganalisis pelanggan dan pasar yang akan dituju untuk menawarkan produk-produk yang ada. 

Selain dapat membantu dalam upaya pemasaran dan penjualan produk melalui analisis pasar, ChatGPT juga dapat dimanfaatkan lebih jauh lagi untuk menyusun strategi bisnis Anda. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh ChatGPT seperti membuat draft iklan dan hingga menyediakan kalimat pesan promosi ke pelanggan.

Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT 

Pada setiap layanan tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan dalam sistem pengoperasiannya. Berikut merupakan pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan ChatGPT:

Kelebihan ChatGPT

  1. ChatGPT dapat memahami Bahasa Indonesia formal maupun tidak. Hal ini dilakukan agar ChatGPT dapat memberi jawaban yang sifatnya sesuai dengan kebutuhan, menyesuaikan dengan gaya bahasa yang Anda minta.
  2. Waktu yang dibutuhkan oleh ChatGPT untuk menjawab pertanyaan Anda relatif singkat. 
  3. Teknologi ChatGPT dapat memahami kueri atau pertanyaan yang Anda ajukan. Ketika tidak mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan, Anda dapat mencoba untuk mengubah pertanyaan tersebut menggunakan kata-kata yang berbeda tanpa mengubah maknanya. Hal ini bisa membantu ChatGPT untuk lebih memahami pertanyaan kita dan memberi jawaban yang dibutuhkan.

Kekurangan ChatGPT

  1. ChatGPT masih memerlukan banyak pembaruan agar dapat memahami isu terkini.
  2. Jawaban yang diberikan oleh ChatGPT tidak 100% benar. Anda harus tetap melakukan konfirmasi ulang terhadap jawaban yang diberikan oleh teknologi AI yang satu ini.
  3. ChatGPT belum sepenuhnya memahami realita yang ada. Beberapa pertanyaan terkadang perlu diberikan konteks yang jelas agar jawaban yang ChatGPT berikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Cara Mudah Menggunakan ChatGPT

Berikut merupakan langkah-langkah untuk menggunakan ChatGPT agar mendapatkan jawaban yang efektif.

  1. Kunjungi halaman ChatGPT di link https://chat.openai.com/ 
  2. Login ke akun ChatGPT dengan cara klik tombol ‘Login’. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat melakukan registrasi dengan cara klik ‘Sign Up’ lalu lakukan verifikasi pendaftaran melalui email yang Anda gunakan.
  3. Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat jendela obrolan yang masih kosong. Anda bisa mulai memberikan kalimat instruksi yang akan dieksekusi oleh ChatGPT.
  4. Setelah mengirimkan pertanyaan Anda, tunggu beberapa saat untuk ChatGPT mengolah perintah yang Anda masukkan.
  5. Informasi yang Anda butuhkan telah tertampil di layar percakapan. Silakan ulas terlebih dahulu informasi tersebut untuk memastikan apa yang Anda butuhkan telah diberikan oleh ChatGPT. Jika belum, Anda masih dapat memberikan kalimat-kalimat tambahan agar memudahkan Anda memperoleh jawaban sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rekomendasi Prompt untuk ChatGPT

Dalam penggunaan teknologi AI seperti ChatGPT, prompt merupakan satu hal penting yang harus diperhatikan. Apa itu prompt? Saat menggunakan ChatGPT, prompt adalah kata, kalimat, atau teks yang dapat Anda gunakan untuk memulai sebuah percakapan dengan ChatGPT.

Prompt ini bertugas sebagai perintah atau input awal, yang akan direspons oleh ChatGPT dengan menghasilkan output yang kita inginkan.

Dikarenakan manfaatnya yang sangat luas, tentunya ada banyak sekali prompt yang dapat digunakan di ChatGPT. Pada bagian ini, myindibiz akan berbagi kumpulan prompt yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh jawaban sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Kumpulan prompt ChatGPT untuk bisnis antara lain yaitu sebagai berikut.

1. Prompt untuk meminta bantuan ChatGPT dalam membangun branding

Anda dapat menggunakan prompt seperti:

"Saya memiliki bisnis bernama [nama bisnis Anda]. Bisnis ini merupakan [deskripsi singkat bisnis Anda]. Yang saya perlukan, buatkan konsep untuk branding bisnis saya, meliputi target audiens, value bisnis, persona bisnis, dan juga unique value proposition dari bisnis saya. Berikan juga rekomendasi untuk warna, model, font, brand message dan ilustrasi yang dapat saya gunakan pada logo sebagai identitas bisnis saya."

2. Prompt untuk meminta bantuan ChatGPT membuat pesan promosi

Jika Anda kesulitan dalam membuat pesan untuk promosi, gunakan prompt berikut:

"Saat ini [nama bisnis Anda] sedang mengadakan promosi. Promosi yang berlangsung yaitu [detail singkat promosi Anda]. Berikan [jumlah] pesan dalam kalimat singkat yang dapat saya gunakan untuk mempromosikan produk saya melalui pesan WhatsApp. Pastikan jumlah karakter pada pesan tidak lebih dari [maksimal karakter]."

3. Prompt untuk meminta bantuan ChatGPT dalam meningkatkan customer experience

Anda dapat menggunakan prompt berikut:

"[Nama bisnis Anda] ingin meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Sebagai pakar dalam cusromer experience, berikan saya beberapa rekomendasi strategi dan perencanaan yang dapat digunakan untuk meningkatkan experience pelanggan saya. berikan juga estimasi biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing perencanaan tersebut."

4. Prompt untuk meminta bantuan ChatGPT dalam pembuatan Email Marketing

Berikut contoh prompt yang dapat Anda gunakan:

"[Nama brand Anda] akan mengirimkan email marketing ke pelanggan yang [tipe audiens]. Berikan saya [jumlah] rekomendasi subject email tidak lebih dari 60 karakter untuk mengirimkan pesan berisi [konteks isi email]."

5. Prompt untuk meminta bantuan ChatGPT dalam merancang event

Anda dapat menggunakan prompt berikut:

"Sebagai salah satu strategi promosi, [Nama Brand Anda] akan mengadakan suatu event. Ini merupakan [tipe event sepertti webinar/pameran/dll] yang akan menampilkan [deskripsi singkat event]. Event akan berlangsung pada [tanggal event]. Dari informasi tersebut, berikan kepada saya taktik dan strategi yang tepat di media sosial, email, dan iklan berbayar lainnya agar audiens dapat mengetahui informasi event dan berpartisipasi. Sertakan juga budget yang ideal untuk promosi ini apabila saya memiliki target audiens sebanyak [jumlah target]."

6. Prompt untuk meminta bantuan ChatGPT dalam membuat landing page

Berikut ini contoh prompt yang dapat Anda gunakan:

"Saya ingin membuat landing page untuk [nama bisnis Anda]. Tolong dibuatkan rekomendasi konten landing page yang dapat saya gunakan untuk [brief singkat dari landing page yang akan dibuat]. Adapun beberapa aspek yang saya butuhkan meliputi judul yang menarik, isi konten yang menarik, guideline visual dan gambar, serta rekomendasi call to action yang dapat menarik perhatian pengunjung untuk melakukan pembelian."

7. Prompt untuk meminta bantuan ChatGPT dalam melakukan riset pasar

Berikut contoh prompt yang dapat Anda gunakan:

"[Nama brand Anda] memerlukan insight dari tren yang saat ini sedang berlangsung di pasar. Lakukan analisa untuk audiens [target audiens yang dituju]. Kira-kira, marketing campaign seperti apa yang sesuai untuk dilakukan di [nama negara/kota]? Detailkan channel terbaik yang dapat digunakan untuk campaign tersebut dan estimasi budget yang diperlukan agar campaign berjalan optimal."

Baca Juga : Memanfaatkan Email Marketing sebagai Solusi Pemasaran Bisnis

Itulah pembahasan mengenai ChatGPT, sebuah model teknologi AI yang tengah menjadi perbincangan pengguna internet. Dengan kemampuannya yang bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan, ChatGPT menjadi salah satu inovasi teknologi yang sangat bermanfaat terutama bagi bisnis.

Untuk dapat memanfaatkan teknologi ChatGPT dan teknologi-teknologi canggih lainnya secara optimal, tentunya Anda membutuhkan akses internet yang stabil. Sebagai solusi bisnis, HSI B2B hadir untuk membantu dukung aktivitas digital bisnis Anda. 

Dengan HSI B2B, Anda dapat menikmati jaringan internet dengan kecepatan tinggi dan stabil berasio 1:1 serta dengan cakupan area yang luas dan tersedia di seluruh Indonesia. Selain itu, HSI B2B telah terintegrasi dengan website dan aplikasi myindibiz sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan pemesanan, pembayaran, melacak status pemasangan, hingga monitoring jaringan dalam satu genggaman.

Tertarik untuk mulai mengoptimasi bisnis Anda bersama HSI B2B? Klik tombol di bawah untuk temukan informasi lebih lanjut dari HSI B2B.

Tagar:

bisnis trends

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya