myindibiz

Cerita Sukses


DaftarMasuk

Memanfaatkan Email Marketing sebagai Solusi Pemasaran Bisnis

Trends

Rabu, 12 Jul 2023

Memanfaatkan Email Marketing sebagai Solusi Pemasaran Bisnis

Dalam suatu bisnis, pemasaran merupakan hal penting yang harus diterapkan untuk memperoleh pelanggan. Di era digital saat ini, pemasaran yang awalnya dilakukan secara konvensional, kini beralih menjadi pemasaran online. Email marketing menjadi salah satu pilihan yang dapat Anda terapkan untuk pemasaran bisnis. 

Mengapa email marketing dapat dikatakan menjadi strategi pemasaran online yang efektif? Sebuah studi oleh Radicati Group pada Februari 2015 menunjukkan bahwa ada sekitar 2,5 miliar pengguna email di seluruh dunia. Bahkan, menurut Oberlo, angka ini mengalami kenaikan signifikan pada 2023 hingga mencapai 4,3 miliar. Oleh karena itu, email marketing menjadi sebuah kesempatan emas bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan dengan efektif. 

Apa itu Email Marketing?

Email marketing adalah cara untuk mengirim pesan atau promosi melalui email kepada pelanggan atau calon pelanggan. Tujuan utama dari email marketing adalah untuk meningkatkan penjualan atau kesadaran merek dari bisnismu. 

Bisnis tentunya bukan memiliki satu atau dua pelanggan saja, namun ribuan hingga jutaan orang pun bisa menjadi pelanggan Anda. Maka dari itu, perusahaan pastinya akan mengirimkan sebuah email kepada ribuan pelanggan. 

Anda dapat memanfaatkan berbagai macam tools untuk mempermudah membuat dan menyebarkan email marketing seperti MailChimp, Constant Contact, MailerLite, dan tools berguna lainnya.

Jenis Email Marketing

Jenis-jenis email marketing yang tersedia sangat beragam, mulai dari email newsletter, email promosi, dan berbagai jenis lainnya. Semua jenis email ini memiliki tujuan khusus dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan atau calon pelanggan pada bisnis Anda. 

1. Email Newsletter

Email newsletter adalah email yang biasanya dikirimkan secara berkala, seperti bulanan atau mingguan. Newsletter ini berisi informasi tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan, promo terbaru, artikel atau berita seputar industri atau topik yang relevan dengan bisnismu.

2. Email Promosi

Email promosi berfokus pada penjualan dari pada informasi umum. Di mana Anda dapat memberikan informasi terkait harga spesial ataupun promo tertentu kepada pelanggan beserta syarat dan ketentuan untuk dapat memperoleh promo. 

3. Email Dukungan Pelanggan

Pada dasarnya, email dukungan pelanggan adalah email yang biasanya digunakan untuk memberikan dukungan atau bantuan teknis kepada pelanggan. Email ini biasanya membutuhkan respon yang cepat dan tepat dari bisnismu.

4. Email Ucapan Selamat

Email jenis ini biasanya dikirimkan dalam rangka merayakan acara atau momen penting seperti hari ulang tahun atau anniversary pelanggan Anda. Email ini bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Email Abandoned cart

Email berjenis ini dikirimkan kepada pelanggan yang meninggalkan keranjang belanja mereka sebelum menyelesaikan pembayaran. Email ini bertujuan untuk mengingatkan pelanggan tentang produk atau jasa yang mereka tinggalkan, dan mendorong mereka untuk kembali ke toko Anda dan menyelesaikan pembayaran.

Masih banyak jenis email marketing lainnya yang dapat Anda terapkan pada bisnis. Namun tidak lupa untuk menggunakannya sesuai dengan manfaat yang ingin Anda tuju. 

Manfaat Email Marketing

Agar email marketing dapat diterapkan dengan tepat pada bisnis Anda, simak manfaat email marketing berikut ini!

1. Menjangkau pelanggan secara efektif

Email marketing merupakan cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan dan target pasar potensial. Dalam email marketing, Anda dapat menargetkan pelanggan dengan sangat spesifik berdasarkan data yang kamu kumpulkan dari pelanggan. 

2. Meningkatkan penjualan

Email marketing dapat meningkatkan penjualan dengan cara memperkenalkan produk atau layanan baru, memberikan penawaran khusus, atau mengingatkan pelanggan tentang produk yang sudah mereka lihat sebelumnya. 

Anda dapat membuat email yang menarik dan mengarahkan pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, dengan cara memberikan diskon atau promosi spesial, email marketing juga bisa memotivasi pelanggan untuk membeli lebih banyak atau melakukan pembelian lebih cepat. Dengan email marketing, Anda juga bisa langsung menyisipkan link menuju pembelian produk, sehingga akan mempermudah pelanggan untuk membelinya.

3. Membangun kedekatan dengan pelanggan

Anda pastinya sudah tahu jika pelanggan dan calon pelanggan mendapatkan banyak email dari berbagai perusahaan. Tentunya, mereka cenderung tidak membuka email yang dianggap tidak relevan dengannya. Maka dari itu, kamu perlu menerapkan personalisasi email agar mereka tertarik membuka email yang kamu kirim.

4. Menghemat biaya pemasaran

Biaya pemasaran yang dilakukan secara online melalui email marketing memerlukan biaya yang relatif lebih murah dari pada pemasaran offline. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk merancang email yang menarik dan biaya untuk mengirimkan email. 

Dibandingkan dengan metode pemasaran offline seperti brosur atau pamflet, email marketing memiliki biaya yang lebih rendah dan peluang untuk memperoleh respon yang lebih besar.

5. Memudahkan analisis pasar

Dalam email marketing, Anda  dapat melacak kinerja email kamu dengan mudah. Anda dapat mengetahui berapa banyak email yang telah dibuka dan berapa banyak pelanggan yang mengklik link dalam email. 

Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui efektivitas email yang Anda kirim, serta mengetahui strategi email marketing apa yang paling efektif untuk bisnismu. Hal ini akan membantu kamu untuk menyesuaikan strategi pemasaran dan meningkatkan efektivitas pemasaran di masa depan.

Baca Juga : Menarik Perhatian Pelanggan melalui Strategi Emotional Marketing

Setelah menyimak penjelasan mengenai email marketing dan pemanfaatannya bagi bisnis Anda. Tentunya Anda tertarik bukan untuk menerapkannya pada bisnis Anda? 

Email marketing menggunakan jaringan internet untuk dapat terus terhubung. Semakin cepat dan stabil koneksi Internet, semakin efektif juga pemasaran yang dilakukan. Untuk itu, bagi Anda yang memerlukan jaringan internet cepat, HSI B2B adalah solusinya!

HSI B2B merupakan penyedia layanan internet tanpa batasan FUP yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Dengan koneksi berbasis fiber optic, HSI B2B menghadirkan internet berkecepatan tinggi dengan rasio 1:1 sehingga dapat memberikan Anda pengalaman terbaik saat mengakses internet.

Tunggu apa lagi? Mulai berlangganan dengan HSI B2B sekarang untuk Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan!

Tagar:

bisnis trends

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya