Menarik Perhatian Pelanggan melalui Strategi Emotional Marketing

Trends

Selasa, 11 Jul 2023

Menarik Perhatian Pelanggan melalui Strategi Emotional Marketing

Pernahkah Anda ikut terbawa perasaan ketika melihat sebuah iklan produk? Misalnya, ikut menangis ketika ada cuplikan sedih dan ikut marah ketika ada cuplikan yang menyebalkan. Jika Anda menjawab “pernah”, maka bisa jadi Anda telah menjadi audience yang sukses dipengaruhi oleh strategi emotional marketing

Tidak jarang brand-brand besar di Indonesia menggunakan strategi ini dan berdampak positif bagi bisnisnya. Apakah Anda tertarik untuk mencoba strategi emotional marketing? Mari belajar lebih jauh mengenai strategi emotional marketing dan manfaatnya bagi bisnis melalui paparan di bawah ini!

Mengenal Strategi Emotional Marketing

Emotional marketing adalah jenis strategi pemasaran yang fokus pada emosi dan perasaan pelanggan. Tujuan dari strategi emotional marketing ini adalah untuk menghubungkan pelanggan dengan brand atau produk dengan cara yang lebih mendalam dan personal.

Dalam pemasaran produk, penggunaan strategi emotional marketing mengambil keuntungan dari kenyataan bahwa keputusan pembelian seringkali dipengaruhi oleh perasaan dan emosi, bukan hanya fakta dan logika semata. 

Pernahkah Anda menonton iklan asal Thailand yang berdurasi pendek tapi berhasil membawa perasaan Anda ke dalam cerita yang ditampilkan? Iklan tersebut merupakan praktik nyata dari penggunaan strategi emotional marketing. Umumnya, iklan-iklan tersebut menempatkan produk-produk atau nilai yang berkaitan terhadap produknya ke dalam alur cerita yang ada. 

Dari praktik tersebut, dapat terlihat bagaimana strategi emotional marketing dimanfaatkan oleh banyak brand dalam memasarkan produk yang baru diluncurkannya. 

Manfaat Emotional Marketing bagi Bisnis 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penggunaan strategi emotional marketing bukan hanya untuk mempengaruhi emosional pelanggan saja. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat yang signifikan bagi bisnis. 

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat strategi ini, yuk simak penjelasan berikut!

1. Meningkatkan brand loyalty

Brand loyalty adalah situasi ketika pelanggan merasa terhubung secara emosional dengan suatu brand atau produk sehingga mereka menjadi lebih setia dan cenderung memilih merek tersebut daripada merek yang lain. Bahkan, pelanggan yang loyal tidak hanya melakukan pembelian kembali, tetapi juga akan merekomendasikan brand tersebut kepada orang lain.

Dalam hal ini, emotional marketing dapat membantu menciptakan koneksi emosional yang kuat antara brand dan pelanggan karena strategi yang dipakai menggunakan pendekatan perasaan pelanggan.

2. Meningkatkan penjualan 

Dalam emotional marketing, menciptakan koneksi emosional antara pelanggan dengan brand atau produk menjadi kunci utamanya. Ketika pelanggan merasa terhubung secara emosional dengan brand atau produk tersebut, mereka menjadi lebih loyal dan memilih untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. 

Koneksi emosional yang kuat ini dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka dengan pelanggan yang cenderung membeli produk berkali-kali.

3. Meningkatkan brand awareness

Penggunaan strategi emotional marketing dapat meningkatkan kemungkinan sebuah brand atau produk menjangkau lebih banyak pelanggan yang sadar akan brand atau produk tersebut. Hal inilah yang membuat penggunaan strategi emotional marketing dapat meningkatkan brand awareness.

Dengan semakin banyaknya orang yang sadar akan kehadiran brand dan produk, maka kemungkinan pelanggan yang terpikat dan membeli pun semakin besar. Kondisi ini juga dapat memicu diskusi dan pembagian informasi antar calon pelanggan di mana hal ini juga akan terus-menerus memperkuat brand awareness yang ada. 

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Video Marketing dan Manfaatnya bagi Bisnis

Itu dia pemaparan mengenai strategi emotional marketing dan manfaatnya bagi pemasaran brand atau produk. Tidak ada salahnya Anda mencoba strategi ini terlebih dahulu, tentunya dengan tetap mempertimbangkan jenis audience dan tujuan bisnis Anda.

Tentunya, dalam menjalankan strategi emotional marketing, Anda perlu mempublikasikannya di internet, bukan? Anda bisa memanfaatkan media sosial dan internet untuk mempermudah proses membagikan konten yang memuat emotional marketing.

Agar aktivitas media sosial dan kegiatan digital Anda semakin lancar, Anda dapat berlangganan internet untuk bisnis HSI B2B. Produk andalan myindibiz ini hadir untuk membantu para pebisnis memajukan bisnisnya dengan didorong jaringan internet kencang tanpa batas FUP dan stabil dengan rasio Kecepatan 1:1 di seluruh Indonesia. 

Kunjungi website atau aplikasi myindibiz agar Anda tidak terlewat informasi terbaru dan penawaran terbaik dari HSI B2B! Bersama HSI B2B, ini waktunya untuk Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan!

Tagar:

bisnis trends

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya