Mengenal Apa Itu Video Marketing dan Manfaatnya bagi Bisnis

Trends

Senin, 10 Jul 2023

Mengenal Apa Itu Video Marketing dan Manfaatnya bagi Bisnis

Tahukah Anda bahwa otak manusia mampu memproses visual 60.000 kali lebih cepat daripada teks? Pada dasarnya, otak manusia lebih cepat menangkap informasi dari hal-hal yang memiliki visual menarik, baik berupa gambar maupun video.

Uniknya, hal ini bisa Anda jadikan strategi untuk promosi bisnis menggunakan video marketing. Dikutip dari nolimit.id, video marketing adalah strategi yang dapat meningkatkan penjualan karena 74% yang menonton video promosi produk cenderung tergerak untuk membeli produk tersebut.

Sebelum memulai strategi video marketing, pastinya Anda harus kenal dulu dengan strategi ini. Yuk, simak artikel ini yang akan mengulas lebih jauh mengenai pengertian, manfaat, jenis, dan cara mudah membuat video marketing untuk bisnis!

Apa Itu Video Marketing?

Video marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang menggunakan video sebagai media untuk promosi. Pada era digital, video marketing berhasil jadi salah satu cara terbaik untuk menyampaikan informasi serta membangun hubungan dengan pelanggan.

Strategi video marketing memiliki banyak sekali manfaat bagi bisnis, Simak manfaat menggunakan video marketing bagi bisnis pada rangkuman berikut!

  • Video memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens secara visual dan emosional, sehingga dapat membuat audiens lebih tertarik dan mudah mengingat informasi yang disampaikan.
  • Pelanggan akan lebih paham dan tertarik membeli produk yang ditawarkan karena penyampaiannya disajikan dalam bentuk video yang menarik.
  • Video cenderung lebih mudah dibagikan di berbagai platform media sosial, sehingga informasi yang disampaikan juga cenderung akan menjangkau audiens yang lebih luas.

Jenis-jenis Video Marketing 

Setelah mengetahui apa itu video marketing, rasanya kurang lengkap jika Anda belum kenal dengan jenis-jenis video marketing. Pada umumnya, jenis video marketing yang ingin disebarkan ke audiens tergantung pada tujuan pembuatan dan pemasaran video tersebut. Simak penjelasan berikut!

1. Video Promosi

Jenis video marketing ini dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau merek tertentu. Pada video promosi, Anda harus dapat menunjukkan produk secara menarik dan memikat, serta memberikan informasi tentang produk tersebut seperti fitur, manfaat, dan harga. 

2. Video Testimonial

Anda pernah melihat video yang berisikan ulasan, penilaian, kritik, hingga pujian kepada satu produk? Jenis video marketing ini dikenal dengan nama video testimonial. Lazimnya, jenis video seperti ini dibuat oleh pihak eksternal, contohnya seperti pelanggan yang sudah pernah membeli produk atau layanan yang Anda jajakan. Jenis video marketing ini akan membantu membangun kepercayaan calon pelanggan terhadap produk andalan Anda.

3. Video Tutorial

Anda dapat menggunakan jenis video marketing ini jika ingin memberikan panduan tentang cara menggunakan produk atau memecahkan masalah yang sering dialami pelanggan. Menyediakan video ini dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan, serta membuat pelanggan bisa lebih paham dengan produkmu.

4. Video Edukasi

Video edukasi dapat Anda gunakan untuk memberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan dengan secara lebih edukatif. Video edukasi biasanya berisi informasi tentang produk, manfaat produk, dan bagaimana produk tersebut dapat mengatasi masalah yang dialami pelanggan.

5. Video Hiburan

Terakhir, jenis video marketing yang dapat Anda coba buat adalah video hiburan. Jenis video ini dapat digunakan untuk menghibur dan meningkatkan hubungan dengan audiens dengan cara yang menyenangkan. Video ini tidak harus selalu berhubungan dengan produk, tetapi memiliki tujuan untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan memperkuat merek.

Cara Mudah Membuat Video Marketing untuk Bisnis

Setelah memahami pengertian, manfaat, dan jenis dari video marketing, inilah waktu yang tepat untuk Anda membuat video marketing. Berikut ini cara-cara mudah yang bisa Anda coba untuk membuat video marketing.

  • Pertama, tentukan tujuan dan target audiens dari video yang ingin Anda buat. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan jenis video marketing dan pendekatan seperti apa yang paling tepat untuk promosi produk dan jasa Anda.
  • Selanjutnya, buatlah naskah atau script video. Naskah yang baik akan membantu fokus pada tujuan dan memastikan video dapat menyampaikan pesan yang benar serta dapat diterima oleh audiens dengan baik.
  • Mulailah proses produksi video marketing yang diinginkan. Dalam pembuatan ini, Anda harus menggunakan visual yang atraktif ditemani dengan audio yang sesuai agar informasi dapat diterima dengan baik oleh audiens.
  • Terakhir, promosikan video marketing yang telah dibuat. Ini merupakan langkah kunci karena akan menentukan sebanyak apa audiens yang dicapai oleh video yang Anda buat. Promosi bisa melalui sosial media, email marketing, website, dan berbagai platform lainnya.

Baca Juga : Mengenal Content Pillar, Strategi yang Bermanfaat bagi Bisnis

Itu dia penjelasan komprehensif mengenai apa itu video marketing, manfaatnya serta jenis-jenisnya. Strategi produksi video marketing ini dapat Anda terapkan untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda khususnya di kanal digital.

Untuk mencapai pemasaran video yang maksimal, Anda membutuhkan koneksi internet cepat dan stabil, bukan? Apalagi, kalau koneksi yang digunakan dirancang khusus untuk bisnis dan dengan harga berlangganan yang lebih hemat. Hal ini bisa Anda nikmati dengan menggunakan HSI B2B.

Layanan internet cepat dari myindibiz ini sudah tersedia di seluruh Indonesia. Dengan koneksi yang sudah berbasis fiber optic yang dengan rasio kecepatan 1:1, Anda dapat mengurus bisnis dan melakukan promosi via media online dengan mudah dan cepat! 

Tertarik untuk mulai membuat video marketing dan membagikannya dengan koneksi cepat dan stabil dari HSI B2B? Klik tombol di bawah untuk temukan informasi dan penawaran hemat dari HSI B2B!

 

Tagar:

bisnis business slang

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya