Mengenal Content Pillar, Strategi yang Bermanfaat bagi Bisnis

Tips & Trick

Kamis, 6 Jul 2023

Mengenal Content Pillar, Strategi yang Bermanfaat bagi Bisnis

Sebagai pebisnis, tentunya Anda ingin proses komunikasi dan pembagian informasi mengenai bisnis Anda dapat disampaikan secara tepat. Terlebih lagi jika Anda memanfaatkan strategi produksi konten seperti poster, video, dan artikel untuk mengkomunikasikan bisnis Anda.

Seiring dengan perkembangan digital, semakin banyak strategi komunikasi pemasaran yang muncul untuk memperkuat identitas bisnismu, salah satu yang ternama adalah content pillar

Content pillar adalah sebuah panduan atau pondasi yang dapat membuat konten-konten pemasaran produk bisnis agar dapat dikenali secara lebih mudah, dan menjadi gerbang utama dalam menyusun strategi konten untuk bisnismu. Adapun jenis dari content pillar dapat beragam, mulai dari konten promosi, hiburan, edukasi, komunikasi, dan lain sebagainya. 

Memanfaatkan Content Pillar untuk Konten Bisnis Berkualitas

Dengan menggunakan strategi ini, Anda bisa memastikan kualitas konten-konten yang dipasarkan terhadap tujuan bisnis. Selain itu, content pillar dapat membuat konten-konten yang Anda bagikan menjadi lebih konsisten satu dengan yang lainnya. 

Simak beberapa manfaat dari penggunaan content pillar sebagai berikut!

1. Meningkatkan brand awareness

Dengan menyusun konten berdasarkan content pillar yang telah ditentukan, Anda dapat memastikan bahwa konten selalu relevan dengan bisnis dan pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan lebih mengenal brand Anda. Content pillar juga akan membantu Anda untuk menciptakan kesadaran terhadap brand yang kuat dan meningkatkan pengakuan brand dari pelanggan.

2. Membuat konten yang lebih efektif

Konten yang efektif adalah konten yang berfokus pada topik penting bagi pelanggan. Maka dari itu, kehadiran content pillar dapat membantu Anda untuk memastikan konten-konten yang dipasarkan fokus pada topik penting bagi pelanggan. Hal ini akan membuat konten yang Anda tawarkan menjadi lebih efektif dan lebih mudah diterima oleh pelanggan.

3. Menarik lebih banyak traffic

Traffic merupakan satu aspek penting dalam kemajuan digitalisasi bisnis. Istilah ini sendiri merujuk kepada lalu lintas orang yang mengunjungi website maupun profil media sosial bisnis. Jika Anda memasarkan produk di website dan media sosial, semakin tinggi traffic maka semakin banyak pula orang yang melihat produk yang Anda pasarkan. 

Syarat penting bagi peningkatan traffic adalah konten yang relevan bagi pelanggan. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan content pillar yang telah dibuat sedemikian rupa hingga menjawab apa yang diinginkan oleh pelanggan. Dengan kata lain, content pillar akan membantu Anda untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke website bisnis.

4. Membuat konten lebih berkualitas

Pada dasarnya, semakin baik kualitas suatu konten semakin banyak pula pelanggan yang datang ke laman bisnis Anda. Dengan adanya content pillar, Anda dapat terus memantau perkembangan kualitas konten dari jenis-jenis yang sama. Hal ini juga membuatmu dapat dengan mudah melihat konten mana yang paling berkualitas dan mendapatkan impresi lebih banyak dari pelanggan.

5. Membuat konten lebih engaging

Dengan memanfaatkan content pillar, Anda dapat membuat konten yang lebih engaging dan menarik perhatian pelanggan. Hal ini dapat terjadi karena strategi ini menyediakan struktur yang jelas dan fokus pada topik yang memang penting bagi pelanggan.  

Selain itu, content pillar juga memungkinkan untuk membuat konten yang lebih variatif, seperti video, infografis, dan lain sebagainya. Hal ini dapat membuat konten tidak monoton, sehingga akan menarik lebih banyak pelanggan.

Cara Mudah Buat Content Pillar

Setelah mengenal apa saja manfaat yang diberikan oleh content pillar dalam proses produksi konten, selanjutnya akan dibahas mengenai cara membuat content pillar dengan mudah. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda ikuti.

  • Langkah pertama, kenali pelanggan secara lebih mendalam. Langkah awal ini dapat Anda lakukan dengan membuat buyer persona atau gambaran dari target pelanggan yang didapatkan dari proses riset dan analisis yang mendalam. Buyer persona yang telah ditemukan ini nantinya akan menjadi panduan untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi pada konten, topik terbaik untuk dibahas dalam konten, waktu terbaik untuk membagikan konten, dan aspek-aspek lainnya.
  • Kedua, identifikasi topik dan subtopik yang relevan. Setelah mengetahui seperti apa pelanggan, Anda bisa mulai memilih topik dan subtopik yang bisa menjawab kebutuhan pelanggan. Topik ini dapat berbagai macam, mulai dari informasi, edukasi, hingga hiburan.
  • Ketiga, mulai buat konten. Inilah waktu yang tepat untuk membuat konten berdasarkan content pillar yang sudah disusun berdasarkan hasil riset dan identifikasi sebelumnya. Sediakan kalimat atau paragraf deskriptif dan menarik yang akan Anda jadikan caption, serta bagikan di website atau media sosial Anda. 

Baca Juga : Jenis Influencer Media Sosial, Trend Strategi Pemasaran Masa Kini

Itulah 5 manfaat dan cara membuat content pillar yang bisa Anda coba sebagai strategi pemasaran produk. Content Pillar dapat menjadi salah satu strategi kunci dalam pemasaran konten karena akan membuat distribusi konten menjadi lebih konsisten dan relevan dengan target pelanggan. Content pillar juga mampu membuat brand Anda lebih mudah dikenali oleh pelanggan.

Untuk membagikan konten yang telah dibuat sesuai dengan content pillar, tentunya Anda membutuhkan koneksi internet yang lancar dan stabil. Terlebih lagi jika Anda memiliki stock konten yang harus dibagikan ketika Anda sedang berada di tempat umum dan memiliki keterbatasan data seluler.

Menemukan jaringan internet publik dari Telkom seperti wifi.id? Kini Anda dapat mengakses internet publik Telkom dengan menggunakan Voucher Wifi dari myindibiz. Untuk mendapatkan Voucher Wifi pun tidak sulit. Anda dapat mengakses aplikasi atau website myindibiz dan melakukan pembelian voucher dengan harga yang terjangkau. 

Pastikan untuk jadikan Indibiz Voucher Wifi sebagai andalan Anda untuk peroleh akses internet wifi publik dengan kecepatan hingga 100 Mbps dan atasi keterbatasan jaringan internet di ruang publik.

Klik tombol di bawah untuk membeli Voucher Wifi.

Tagar:

bisnis business slang

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya